Artikel

LUSA, GERHANA BULAN TOTAL AKAN TERJADI DAN TERLAMA

25 Juli 2018 14:30:10  Administrator  188 Kali Dibaca  Berita Lokal

Sebuah gerhana bulan total akan terjadi pada 28 Juli 2018. Bulan akan melewati pusat dari bayangan Bumi. Gerhana ini akan menjadi gerhana bulan sentral yang pertama sejak 15 Juni 2011.

Karena gerhana akan terjadi saat bulan berada didekat apogeenya, maka gerhana ini juga akan menjadi gerhana bulan total yang terpanjang di abad ke-21. Totalitas akan berlangsung selama sekitar 103 menit.

Gerhana ini akan menjadi gerhana bulan total kedua pada tahun 2018, setelah satu pada bulan januari.

Gerhana akan benar-benar terlihat dari Afrika Timur dan Asia Tengah; terlihat saat bulan baru terbit dari Amerika Selatan, Afrika Barat, dan Eropa; dan terlihat saat bulan akan terbenam dari Asia Timur, dan Australia.

Gerhana Bulan total terjadi ketika Bulan memasuki umbra (bayangan gelap) Bumi. Gerhana bermula ketika Bulan perlahan memasuki umbra, sehingga permukaannya akan sedikit tergigit dan perlahan-lahan gigitannya mulai membesar. Selanjutnya, ketika Bulan benar-benar berada di tengah umbra Bumi, ia akan merona dengan warna merah kecokelatan. Rona merah kecokelatan pada Bulan tersebut disebabkan oleh hamburan rayleigh (efek atmosfer yang serupa dengan efek yang menyebabkan langit memerah saat Matahari terbenam) pada atmosfer Bumi yang sampai ke bayangan umbranya.

Berikut simulasi menunjukkan perkiraan munculnya Bulan melewati bayangan Bumi. Bulan kecerahan yang berlebihan dalam bayangan umbra. Bagian utara dari Bulan berada paling dekat dengan pusat bayangan, sehingga yang paling gelap, dan yang paling merah dalam penampilan.

Gerhana Bulan 28 Juli 2018 memiliki kemiripan dengan gerhana yang terjadi pada tahun 2000 dan 2036. Ini juga merupakan bagian dari siklus Saros 129. (wikipedia)

Artikel terkait: https://id.wikipedia.org/wiki/Gerhana_bulan_Juli_2018 (tanggal 24-07-2018)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

KEMENDES
DPMD KAB BANDUNG DPMD PROV JABAR
KAB BANDUNG PROFIL KEPALA DESA PROV JABAR
KECAMATAN RANCAEKEK
DISKOMINFO
E-LAPOR JABAR QUICK RESPONE
SENSUS PENDUDUK 2020

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:558
    Kemarin:609
    Total Pengunjung:242.813
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:202.180.16.2
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

Jadwal Shalat

jadwal-sholat