Artikel

Kegiatan Bimbingan Teknis Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Bandung

19 November 2018 11:05:44  Administrator  262 Kali Dibaca  Berita Lokal

Perkembangan dunia diera globalisasi dan digital ini semakin luar biasa. Begitu juga perkembangan teknologi dan informasi, keterbukaan untuk memperoleh informasi merupakan kebutuhan yang sangat signifikan disaat ini. Sehingga disahkannya Undang-undang Nomor 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik ( K I P ) dan  secara efektif  mulai diberlakukan pada bulan April 2010. Dalam Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik disebutkan, pada dasarnya setiap informasi publik bersifat terbuka dan dapat diakses oleh setiap pengguna informasi publik, kecuali informasi publik yang dikecualikan sebagaimana tertuang pada pasal 17 Undang-undang nomor 14 tahun 2008, hal ini tentunya sejalan dengan salah satu pilar informasi, yaitu Transparansi menuju  CleanGovernment dan Good Governance.

Kelompok Informasi Masyarakat  (KIM) diharapkan menjadi sarana komunikasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat langsung. Pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran atas informasi sebagai suatu sumber pengetahuan dan juga sekaligus meningkatkan kemampuan mengakses informasi dengan mengunakan dan memanfaatkan teknologi komunikasi. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan pengetahuan melalui pelatihan, bimbingan teknis, dan sosialisasi berbagai materi pokok kepada masyarakat langsung.

Berdasarkan kondisi di atas, dalam rangka membantu masyarakat untuk mengetahui dan memberikan informasi, pemerintah Kabupaten Bandung dalam hal ini Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, senin (19/11) pagi, melakukan kegiatan bimbingan teknis kepada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se Kabupaten Bandung di Aula Kantor Pemerintah Kecamatan Majalaya, dengan tema “Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Melalui Literasi Digital Untuk Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Bandung Yang Maju, Mandiri dan Berdaya Saing”.

Kegiatan yang diikuti oleh sebanayak 19 kelompok dari 4 Kecamatan (Paseh 4 kelompok, Majalaya 11 kelompok, Rancaekek 1 kelompok, Cileunyi 4 kelompok), dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bandung, Ir. Hj. Atih Witarsih, M.Si, yang juga sekaligus memberikan materi pada kegiatan tersebut.

Admin
19 November 2018 17:35:19
Terimakasih kang Ayi Sumarna (desa Ciburial) sudah mampir di website Desa Linggar -_- Maju terus desa-desa di Kabupaten Bandung... Salam juga dari Linggar :-)
Ayi Sumarna
19 November 2018 16:51:56
Keberadaan KIM sangat penting, khususnya di era saat ini dimana hoaks begitu merajalela ... Mantap sekali kegiatan ini diselenggarakan ... Salam

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

KEMENDES
DPMD KAB BANDUNG DPMD PROV JABAR
KAB BANDUNG PROFIL KEPALA DESA PROV JABAR
KECAMATAN RANCAEKEK
DISKOMINFO
E-LAPOR JABAR QUICK RESPONE
SENSUS PENDUDUK 2020

Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:421
    Kemarin:284
    Total Pengunjung:221.848
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:202.180.16.2
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

Jadwal Shalat

jadwal-sholat