Artikel

Kelas Ibu Hamil Di Desa Linggar Kecamatan Rancaekek

09 Desember 2017 22:10:06  Administrator  236 Kali Dibaca  Berita Lokal

Kehamilan merupakan anugrah terindah yang diberikan Tuhan, khusus untuk perempuan. Tentu kebahagian akan meliputi para ibu hamil beserta suami tercinta selama menjalani hari demi hari sambil menantikan lahirnya si buah hati. Selama masa kehamilan, calon ibu haruslah memperhatikan dengan baik asupan apa saja yang masuk ke dalam tubuhnya, ini dikarenakan akan mempengaruhi tumbuh kembang calon bayi yang ada di dalam rahimnya.  

Salah satu upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya melalui Puskesmas Linggar dengan diadakannya kegiatan rutin yang dinamakan ”Kelas Ibu Hamil”. Kegiatan merupakan penyuluhan, dimana para ibu hamil diberikan pemahaman tentang kesehatan ibu dan bayi, terutama dalam mempersiapkan masa kelahiran.

 Kelas Ibu Hamil merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka dalam kelompok yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, persalinan, perawatan nifas dan perawatan bayi baru lahir, mitos, penyakit menular dan akte kelahiran (Depkes RI, 2009).

Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 20 minggu s/d 32 minggu dengan jumlah peserta maksimal 10 orang. Di kelas ini ibu hamil akan belajar bersama, diskusi dan tukar pengalaman tentang kesehatan ibu dan anak secara menyeluruh dan sistematis serta dapat dilaksanakan secara terjadwal dan berkesinambungan (Depkes RI, 2009).

Setiap ibu hamil diwajibkan memiliki buku KIA, karena di buku ini terdapat beberapa informasi tentang kehamilan.Akan tetapi, tidak semua informasi penting termuat di buku KIA. Untuk itu, dibentuklah program Kelas Ibu Hamil.

Kelas Ibu merupakan salah satu kegiatan penting dalam penerapan Buku KIA dimasyarakat sebagai upaya pembelajaran ibu, suaminya dan keluarga agar memahami Buku KIA melalui metode kegiatan belajar bersama dalam kelas yang di fasilitasi oleh petugas kesehatan untuk mempersiapkan ibu hamil menghadapi persalinan yang aman dan nyaman. Beberapa kegiatan seperti senam ibu hamil, latihan pernafasan pada persalinan dan cara menyusui bayi juga diberikan minat ibu-ibu hamil agar datang mengikuti Kelas Ibu Hamil tersebut (Depkes RI : 2009).

  1. Tujuan kelas ibu hamil

1)      Meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh, dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos/kepercayaan/adat istiadat setempat, penyakit menular dan akte kelahiran. MANFAAT KELAS IBU HAMIL Bagi ibu hamil dan keluarganya : merupakan sarana untuk mendapatkan teman, bertanya, mampu mempraktekkan, serta membantu ibu dalam menghadapi persalinan dengan aman dan nyaman.

 2)      Terjadinya interaksi dan berbagi pengalaman antar peserta (ibu hamil dengan ibu hamil) dan antar ibu hamil dengan petugas kesehatan/bidan tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, Perawatan Nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos/kepercayaan/adat istiadat setempat, penyakit menular dan akte kelahiran.

 3)      Meningkatkan pemahaman, sikap dan perilaku ibu hamil tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan.

 4)      Meningkatkan pemahaman, sikap dan perilaku ibu hamil tentang perawatan kehamilan.

5)      Meningkatkan pemahaman, sikap dan perilaku ibu hamil tentang persalinan.

6)      Meningkatkan pemahaman, sikap dan perilaku ibu hamil tentang perawatan nifas.

7)      Meningkatkan pemahaman, sikap dan perilaku ibu hamil tentang KB pasca salin.

8)      Meningkatkan pemahaman, sikap dan prilaku ibu hamil tentang perawatan bayi baru lahir.

9)      Meningkatkan pemahaman, sikap dan perilaku ibu hamil tentang mitos/ keprcayaan/ adat istiadat setempat yang berkaitan dengan kesehatan ibu hamil dan anak.

 10)  Meningkatkan pemahaman, sikap dan perilaku ibu hamil tentang penyakit menular (IMS, informasi dasar HIV-AIDS dan pencegahan dan penanganan malaria pada ibu hamil).

11)  Meningkatkan pemahaman, sikap dan perilaku ibu hamil tentang akte kelahiran. (berbagai sumber).

 Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu 9 Desember 2017 yang bertempat di aula balai desa, yang dimulai pada pukul 08:00 sampai dengan pukul 10:30 WIB. Seperti biasa selain penyuluhan tentang kesehatan ibu dan bayi, juga dilakukan pemeriksanaan kesehatan bagi ibu hamil. Selain kegiatan tersebut, pada kesempatan itu juga disuguhkan materi penyuluhan tentang HIV/AIDS, dengan melibatkan tim kesehatan dari Puskesmas Linggar dan tenaga medis lainnya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

KEMENDES
DPMD KAB BANDUNG DPMD PROV JABAR
KAB BANDUNG PROFIL KEPALA DESA PROV JABAR
KECAMATAN RANCAEKEK
DISKOMINFO
E-LAPOR JABAR QUICK RESPONE
SENSUS PENDUDUK 2020

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:484
    Kemarin:609
    Total Pengunjung:242.739
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:202.180.16.2
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

Jadwal Shalat

jadwal-sholat